Apakah Arti Kemerdekaan Sebenarnya bagi Kita?



Ku dedikasikan tulisan ini untuk semua calon penerus bangsa ini

Pada tanggal 17 Agustus 2011 ini negaraku berulang tahun yang ke-66. Sebuah negara yang bernama Indonesia, negara yang terbentang di garis khatulistiwa yang terdiri dari berbagai macam suku, bangsa, bahasa dan budaya yang beranekaragam. Tidak hanya itu Indonesia juga merupakan negara dengan berbagai macam pulau yang cantik, pantai yang eksotis dan bermacam sumber daya yang berlimpah ruah, sebuah negara yang sangat indah dan potensial.

Sayangnya belum banyak perubahan yang dapat kita lakukan sebagai remaja untuk negara ini. Mungkin kita malah lebih sering mencaci keadaan negara ini tanpa berbuat apapun yang dapat mengubah keadaan tersebut. Apakah kita pikir kita lebih baik dari apa yang kita caci dan maki? Contohnya adalah saat kita hanya bisa mencaci para koruptor yang ada di negara ini, apakah kita sendiri adalah orang yang suci dari kata korupsi? Apakah kita belum pernah sekalipun melakukan hal tersebut? Meski dalam nominal yang sangat kecil?. Padahal kita tidak berbuat apapun untuk memperbaiki hal tersebut.

Masih banyak kelakuan kita sebagai penerus bangsa ini yang perlu dibenahi, saat ini kita lebih sering mengritik lalu pergi dan berpikir “masa bodoh”. Memang mengritik bukanlah sesuatu yang salah namun hal tersebut tidak dapat dibenarkan apabila kita hanya berpikir masa bodoh dan tidak melakukan perubahan sama sekali. Kita selalu marah saat budaya kita di klaim orang lain. Padahal apa yang kita lakukan selama ini?. Faktanya banyak remaja keturunan jawa yang belum bisa berbahasa jawa dengan lancar, padahal siapa lagi yang akan melestarikan budaya ini jika bukan kita?. Banyak yang mengaku “Aku cinta Indonesia kok” padahal malu pake batik padahal malu pake baju buatan Indonesia padahal lebih suka milih makan junk food di banding jajanan pasar dan lebih bangga menggunakan bahasa inggris dibanding bahasa jawa.

Apakah kita akan terus-terusan melakukan semua ini?. Kapankah kita akan sadar dengan apa yang telah kita perbuat atas negera kita tercinta ini. Kapan kita berhenti menyalahkan keadaan yang ada dan terus menenggelamkan negera kita dalam kelakuan kita selama ini.

Kemerdekaan bagi saya merupakan sebuah acuan untuk melihat kembali apa sebenarnya yang telah saya perbuat bagi negara kita, Apa yang telah saya perbuat untuk mengisi kemerdekaan ini. Apa yang telah saya perbuat untuk memajukan negara ini.

Mungkin setiap orang memiliki esensi arti kemerdekaan masing-masing namun saya yakin dari bermacam-macam arti kemerdekaan yang setiap orang miliki tentunya kita ingin membawa negara ini menjadi negara yang lebih baik dan yang lebih maju dari sebelumnya, kita ingin melihat negara ini tersenyum atas apa yang telah kita lakukan.

Berbagai alasan bermunculan atas semua hal yang terjadi pada negara kita. Seperti sudah sulitnya menemukan tokoh yang bisa menjadi tauladan bagi kita. Namun hal tersebut harusnya kita letakkan sebagai sesuatu yang dapat melecut semangat kita untuk lebih maju. Sehingga kita dapat menjadi panutan yang lebih baik bagi generasi yang akan datang. Mungkin terlihat tidak mudah namun dengan kemauan dan semangat yang tinggi saya yakin hal tersebut bukan hanyalah sebuah angan-angan semata.

Maka marilah mulai sekarang kita sebagai calon penerus bangsa berusaha dengan lebih giat untuk merubah negara ini menjadi lebih baik lakukan mulai sekarang dari segala bidang yang dapat kita lakukan mulai dari

· Iptek, kita dapat membantu mengembangkan iptek yang ada seperti menggunakan sarana teknologi sebaik-baiknya untuk menambah pengetahuan kita, sehingga kita dapat menjadi bangsa yang lebih baik, atau bisa saja kita dapat menemukan teknologi baru bagi perkembangan dunia teknologi.

· Pendidikan, kita dapat belajar secara sungugh-sungguh sehingga dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional

· Seni, kita dapat belajar budaya Indonesia sehingga jika kita memiliki kesempatan untuk mengenalkannya pada dunia, kita dapat mengenalkannya dengan baik, dan hal tersebut bisa saja membuat orang asing tertarik untuk mengenal lebih jauh negara kita.

Masih banyak bidang-bidang lain yang dapat kita lakukan, apapun itu yang dapat membantu memajukan negera ini. Mulai saat ini mari kita bersama - sama mengisi kemerdekaan yang sebenarnya bagi kita. Sebagai generasi penerus bangsa sudah seharusnya kita melakukan kewajiban untuk memajukan dan mengembangkan bangsa dari segi apapun. Dimulai dari hal kecil yang dapat kita lakukan sesuai kemampuan. Dan membiarkan negara ini tersenyum atas apa yang kita lakukan.

Inilah saatnya bagi kita untuk menggali apa sebenarnya makna kemerdekaan bagi generasi muda penerus bangsa ini. Lalu sebenarnya apa arti kemerdekaan yang sejati bagi kita? Bagi penerus bangsa ini? Bagi orang-orang yang menentukan akan dibawa kemana negara ini? Apakah menjadi lebih baik ataukah malah sebaliknya

Arti kemerdekaan yang sejati, adalah saat kita dapat mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif untuk memajukan bangsa ini. Tidak hanya di bibir namun langsung dalam perlakuan, tidak harus perilaku yang muluk-muluk, cukup dimulai dari hal kecil yang dapat kita mulai. Maka mari para pemuda kita bangkit dari tidur nyenyak kita, mari berkontribusi dengan cara apapun yang dapat kita lakukan untuk kemajuan negara ini.

Daftar Pustaka

http://filsafat.kompasiana.com/2011/08/23/mencari-makna-peringatan-kemerdekaan-yang-hilang/

http://melaniesubono.blogdetik.com/

http://irur07.blogspot.com/2009/08/memaknai-arti-kemerdekaan.html

http://nufransa.wordpress.com/2009/02/12/saat-bangga-menjadi-anak-indonesia/

http://meylya.wordpress.com/2008/08/07/makna-kemerdekaan/

http://kzm-ajik.blogspot.com/2011/09/arti-kemerdekaan.html

http://novantri.blogspot.com/2008/07/aku-bangga-menjadi-anak-indonesia.html

Referensi

http://thecuriosityworld.blogspot.com/

http://www.topix.com/forum/world/malaysia/TD74K3BS4PG0DEJK2

http://www.experienceproject.com/stories/Am-Indonesian/512324

http://sosbud.kompasiana.com/2011/08/20/makna-kemerdekaan-bagi-bapak-aco/

http://www.lkts.org/pelita-online/index.php?option=com_content&view=article&id=60:makna-kemerdekaan-bagi-rakyat-&catid=90:agustus-2008&Itemid=27

Keyword

Arti kemerdekaan http://www.sman1jetis-bantul.sch.id

58 komentar:

Anonim mengatakan...

waw... keren sekali karya ini.... salut buat pembuatnya... :)

Budi Azhari mengatakan...

menurut.ku
1. paragraf 2 sebaiknya cukup menjelaskan ttg blm banyak perubahan...dst
2. Belum banyak perubhan artinya msh bnyk kesamaan,,apa saja kesamaan?(msh di par.2)
3. par.3 jika mengatakan "masih banyak kelakuan kita yg tdk benar",dikasih contoh(>1) dan penjelasannya msg2. di atas hanya mmbahas ttg rajin mengkritik.
4.kurang ada korelasi antara terlalu bnyak mengkritik dgn menggali makna kemerdekaan.sebaiknya : kapan kita mulai berubah? ...untuk berubah kita hrs mngerti dulu makna/arti kemerdekaan, sehingga tdk salah langkah...
5. Arti kemerdekaan "merubah negeri ini lebih baik di segala bidang...." mungkin bisa diberi contoh..
sekian

Merrysyalala mengatakan...

@Anonim : Wew makasi :) saya masih sangat pemula masih banyak yang perlu di benahi mohon kritik dan sarannya :D
@Budi Azhari : Terima kasih sekali kritik anda sangat membangun masih banyak kesalahan disana-sini mungkin saya kurang menjelaskan secara detail karena terpepet dengan syarat artikel yang maksimal 4000 karakter,tentang tidak adanya korelasi dan kurang detailnya artikel saya, saya kira pembaca sudah dapat mengerti secara umum apa yang ingin saya maksudkan disini karena kembali lagi di artikel ini saya hanya menggambarkan secara umum karena syarat 4000 karakter (red: artikel ini untuk lomba), namun disamping itu semua saya berterima kasih atas komennya semoga di artikel selanjutnya isa menjadi lebih baik

Njex mengatakan...

Ugh...
Sumpah radong diriku dengan bahasayand dirimu buat...

v(_ _ )

Merrysyalala mengatakan...

@Pandjie Wew apaan bos :O mungkin anda terlalu banyak membaca rumus fisika Overload tuuuu :D nasionalis niiiii haaaa

DesnaAlia mengatakan...

Wew tumben nasionalis biasanya penganut xenosentrime, setuju aku bek mulai sekarang ayo berbuat lebih untuk INDONESIA

Anonim mengatakan...

udah bagus, mungkin akan lebih bagus lagi..coba kalau bahasnaya dibuat lebih menarik dibaca dan mengundang untuk dibaca kaum remaja. karena kita sama* remaja,maka usahakan dibuat agak santai tapi ngena. jangan terlalu kaku... overall,bagus :)

Merrysyalala mengatakan...

@DesnaALia: Yaaaa tobat (-_-) ni mencoba menjadi nasionalis yaa ayo semangat 2011 :) make a change *barrack obama benged
@Anonim : Terima kasih atas sarannya yang sangat membangun, iya bahasa nya kaku karena mencoba untuk terpaku pada EYD, namun terima kasih atas sarannya semoga artikel selanjutnya bisa lebih membumi bahasanya :)

Gilsur mengatakan...

Bikinan sendiri nih? keren lah :D

linggar mengatakan...

au ah gelap...
ahahahaha
:D
merdeka!merdeka!merdeka!

Svivi mengatakan...

bagus, lebih memperhatikan EYD aja

Witrias swestika mengatakan...

Bagus Bagus..
Sayang'y hrs ada pmbtasan karakter. Kl G ada psti artikel ini akn lbh bagus lg karena disertai lbh banyk penjelasn2 dan bukti2 konkret'y.

Sedikt yg ngganjel ya..
Ttg kesesuaian judul sma isi.. Dri kesekian paragraf yg ada trllu bnyak intermezo'y (kira2 paragraf 1-4), sbnr'y gpp sih tp mengingt ad'y batas karakter max, jadi hrs dimanfaatin seefisien mgkn sehingga nanti stlh mmbaca artikel ini semua bisa menjawab 'Apa Arti Kemerdekaan Sebenarnya bagi Kita?'

kl mnurut EYD kata BAGI pada judul b nya kecil. trus DIBANDING itu disambung.

tapi tapi... Good Job Merrysyalala

Wenang Herdama mengatakan...

menurut pendapat saya :

Sudah Bagus, tetapi kata-kata yang dipergunakan kurang efektif,contohnya :Lebih-lebihnya mungkin kita malah lebih sering ...

EYD masih kurang, contohnya :mengkritik, seharusnya mengritik, huruf k,t,s,p jika ditambah imbuhan me- dihilangkan...

Perbaiki, semoga sukses :D

Rahma Lestari mengatakan...

Bagus,,, tapi kok rasanya terlalu singkat ya? EYD (tanda baca) mohon diperhatikan dan dicermati lagi. But, overall it’s okay :)

Merrysyalala mengatakan...

@Gilsur Hero : Apadeh (_ _)" masak hasil copas orang kata-katanya cetek gitu kok haaaa :D tapi makasi lho keren apanya ? gilang ngaco, moga besokbesok bisa lebih baik lagi yaa :D

@linggar : Gelap? mati lampu po? Iya Merdeka bos masak mau balik dijajah lagi? makanya kita harus buat perubahan :)

@Svivi : Iya ni aku agak buta kalo sama EYD :D

@Witrias swestika : Iya mba, aku orangnya suka basa-basi jadi kebanyakan intermeso nya :). Haha soal EYD lagi oke mba makasi bgt akan saya segera perbaiki, anyway makasi sudah menyempatkan mampir ke blog saya

@Wenang Herdama : Iya masalah di EYD lagi terima kasih akan segera saya perbaiki :D maksud saya menggunakan kata lebih-lebihnya adalah agar lebih embumu fengan remaja namun jika begitu akan segera saya perbaiki agar lebih baik, terima kasih atas masukannya yang sangat berarti :)

@Rahma Lestari :
Iya ni rahma terpepet dengan syarat :) . Haha ok deh EYD nya makasi lho masukanya :D

cendy mengatakan...

bagus sih tapi mempunyai beberapa kelemahan
1 terlalu berbelit-belit kata katanya(tidak sesuai dengan EYD)
2 terlalu mudah menyimpulkan prilaku anak muda dalam menyikapi sebuah permasalahan. contoh anda mengatakan Masih banyak kelakuan kita sebagai penerus bangsa ini yang tidak benar, kita hanya dapat mengkritik lalu pergi dan berpikir “masa bodoh”. padahal bukan hanya kita sebagai anak muda yang melakukan hal seperti itu. bahkan orang orang besar indonesia pun banyak yang melakukannya (mengkritik pemerintah tanpa berfikir apa solusi masalah tersebut)
yang menjadi masalah kita bukannya sifat kita yang asal mengkritik tapi sudah sulitnya menemukan tokoh yang bisa menjadi tauladan bagi kita. sejujurnya saja kita (anak muda)merupakan korban dari kebobrokan mental pemimpin indonesia.

astridyp mengatakan...

Nice
Kunjungi
astridyp.blogspot.com

Merrysyalala mengatakan...

@cendy
Makasih banget cendy atas komennya :)
iya memang kata-kata saya yang terlalu banyak intermeso dan kurang tepat sasaran jadi terlihat berbelit-belit, maaf akan saya benahi :)
Memang hal yag anda katakan disini sangat benar bahwa faktanya kita juga kurang memiliki panutan yang baik namun saya sangat berharap disini sebagai penulis agar kita sebagai remaja tidak menggunakan hal tersebut sebagai ganjalan untuk maju, namun hal tersebut kita letakkan sebagai sesuatu yang dapat melecut semangat kita untuk lebih maju untuk menjadi panutan yang lebih baik bagi generasi yang akan datang. Mungkin terlihat tidak mudah namun dengan kemauan dan semangat yang tinggi saya yakin hal tersebut bukan hanyalah sebuah angan-angan semata. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas pendapat anda mengenai tulisan ini, semoga hal tersebut dapat menjadi referensi untuk kita, terima kasih

Merrysyalala mengatakan...

@fairy_zazul Thanks fr coming here :) there's a lot thing i need to do to re-cover it :)

Unknown mengatakan...

Inti/topiknya bagus, tp penyampaiannya kurang byk (stauku artikel itu byk2, hehehe), ditambahin aja penjelasan2,, agak bingungin, mungkin karna penggunaan kata2 yg kurang pas antara satu kata dgn kata lain,, kebanyakan pertanyaan dr pd jawaban, jd malah timbul pertanyaan para pembaca ("ini jawaban menurut pikiran penulis gmn ya?"),, kurang kata2 pendorong buat nyemangatin generasi muda buat mau brubah,, mungkin bisa lebih dikupas aja biar lebih jelas, kata2 g perlu yg keren, yg penting mudah dipahami n dilakukan,, but, it's great!!!!

Njex mengatakan...

Ini bukan masalah EYD...

Sebaiknya bahasa yang digunakan saat menulis artikel dengan media BLOG...
Adalah bahasa yang tidak terlalu baku...

Karna artikel di BLOG berbeda dengan artikel seperti karya ilmiah...
inti artikel di BLOG tidak lebih dari sekedar sharing...
Jadi jangan terlalu baku amat...

Agar orang2 tertarik untuk membaca artikel BLOG dirimu...
Gunakan judul artikel yang menarik alias tidak terlalu baku...
Begitupun dengan isinya...

Entah apa dan bagaimana juri menilainya...

Tapi bagi diriku artikel BLOG yang menarik adalah artikel yang menggunakan bahasa yang tidak terlalu baku... mungkin ditengah2 kalimat bisa disisipi dengan b. inggris, b. jawa, atau b. lainnya...

Satu hal lagi yang tidak ada kaitannya dengan artikel diatas...
Saran diriku desain BLOG nya debuat lebih menarik...
Dalam BLOG ini yang sangat mengganggu saya adalah backgroundnya...
Lebih baik gunakan background polos atau gradien warna... jangan gambar...
Cuz it's very annoying...

Herna Rizkia A. mengatakan...

Topiknya keren, isinya juga, isinya menggambarkan indonesia banget

Unknown mengatakan...

Idem Comment, manut wae lah,koreksi EYD
-koreksi paragraf 2 kalimat 1, kalimat ke 2 paragraf ke2 "lebih-lebihnya" lebih baik dganti jadi "Selebihnya",
-paragraf 2 kalimat ke 3 "Contoh kongkritnya saja adalah" lebih baik di-ilangi.
-penerapan tulisan gaul seharusnya ditulis miring,bukan dipetik, lihat di pragraf 3 klimat terakhir.

tambahan (belum ditambahkan) bisa diterima ato tidak (Universal): melestarikan budaya indonesia, termasuk musik yang sering dgencarkan, orang zaman sekarang terutama muda-mudi telah lupa lelagu budayanya sendiri, lagu asli dari Indonesia sendiri keroncong,campursari,->lebih2nya dangdut. biasanya hanya orang tua2 atopun orang2 pelosok saja yang mengerti lagu2 ini, sementara itu, banyak anak2 muda yang "gaul" sudah tidak menyukai lagu tsb. "Manakah harkat diri bangsa ini, bilamana berkata sumpah tanah air, semntara budayanya sendiri dilupakan"

dikutip dari : Wordpress

Farid Aflah mengatakan...

Nice, deh bwt posting nya...
trus blogwalking aja...

Thx, Aflah...

Tedi mengatakan...

bagus juga nih, cukup bagus lah untuk sebuah karya yang menunjukkan suatu kecintaan pada bangsa. saya sendiri belum bisa seperti itu. saya belum bisa mengikuti globalisasi tanpa meninggalkan budaya sekuat itu. saya rasa itu juga berlaku bagi saya, mereka dan diri anda sendiri.
hehe

-Tedz-

Pipit mengatakan...

Isinya cukup baik, materinya tepat sasaran. Jangan buru-buru nulisnya, diperhatikan huruf ketikannya.
Terus sebagai generasi penerus bangsa memang seharusnya kita melakukan kewajiban untuk memajukan dan mengembangkan bangsa dari segi apapun. Dimulai dari hal kecil yang dapat kita lakukan sesuai kemampuan :)

niken anggraeni mengatakan...

kerenn keren........
terus berkarya yah..! untuk bangsa indonesia..
:)

Joeniar Andie mengatakan...

menurut saia kemerdekaan itu gak perlu mikir jauh2 dan berandai-andai dengan lebainya. yang diperlukan itu cuma kesadaran diri sendiri Brur........ percuma kalau kita sebagai penerus generasi muda berjuang atas nama nasionalisme ato negara tapi dalam diri sendiri adja masih bobrok gak mandiri, gak berpikir dewasa. And perlu disadari kalo generasi kita itu paling ngaku demokratis tapi ujung2nya skeptis gak berani. So mulai dari diri sendiri.......
Pesan komen ini disampaikan oleh RSJ Pakem

Aga Fahlevy Dangdingdong mengatakan...

Indonesia harus terbebas dari polusi-polusi udara, air dan sebagainya ..
oleh sebab itu, saya ingin mempromosikan kepada masyarakat Indonesia untuk mencoba menggunakan sepeda sebagai kendaraan sehari-hari dibandingkan memakai kendaraan yang memakai mesin yang membutuhkan bahan bakar yang dapat menyebab-kan pencemaran udara. oleh karena itu, mulai lah untuk mencintai indonesia dengan mengurangi bentuk-bentuk pencemaran terhadap lingkungan di seluruh Indonesia ..
Trust Me it Works guys ..

"Matikan Mesinmu Keluarkan Sepedamu, kita berangkat sama-sama menuju satu tempat tujuan"
*Moto "Night Rider Comunnity"

By : WMC (Wakil Master Comunnity)
Thanks all.

FIKRI mengatakan...

wah2 keren2, tp harus blajar menulis lebih giat lagi karna masih ada pilihan kata yg kurang tepat. good luck :)

Alfon mengatakan...

Gimana ya, bahasanya masih tanggung antara sopan dan santai, nih. Bahasa yang dipakai sebaiknya sesuai dengan segmen tulisan ini. Aku kira kalau isinya lebih konkrit akan lebih bagus lagi. Good luck.

Nurul rifah mengatakan...

salut buat pembuat y dan ini mengingatkan kembali kepada kita akan posisi kita sebagai generasi penerus bangsa untuk sellalu menjaga sikap bukan hanya sekedar dibibir tpai haruz dengan perbuatan. mungkin kita tlah terlanjur larut akan fatamorgana indahnya budaya barat tapi mari kita kembali ke pribadi indonesia yang cinta tanah air dan penuh dengan sopan santun.Damai sellau Indonesia kita seperti semboyan kita BHINEKAA TUNGGAL IKA

rara mengatakan...

indonesia sebenarnya belum merdeka!!!!!! indonesia sampai saat ini masih dijajah!!! dngan bentuk jajahan yg berbeda.... penjajahan berupa 3f(food,fun,fashion)dan satu lagi,,, mari para pemuda kita bangkit dari tidur nyenyak kita,, jangan sampai kita menjadi hedonis,, mari berkontribusi dengan cara belajar serius dan tekun ,, menjadi pemuda yang intelektual,, wajibbb bro,)

Denna mengatakan...

Artikelnya udah oke, udah bisa dapetin pokok isi dari keseluruhan artikel sih. Koreksi-koreksi juga mungkin udah bisa didapet dari komen-komen di atas saya hehe. Mungkin masih perlu dijelaskan lebih rinci mengenai 'Apakah Arti Kemerdekaan Sebenarnya Bagi Kita', karena saya masih belum mendapatkan poin-poin dalam artikel ini yang menjawab pertanyaan tersebut. Tapi secara kesuluruhan udah bagus kok.. Wish you luck, Mer! :D

Alfian Khusnul mengatakan...

Saya setuju dengan Denna, EYDnya sudah bagus. Namun ada poin penting yang terlewat, yaitu seharusnya anda menjawab "apa arti kemerdekaan bagi kita" sesuai judul artikel di atas. Saran saya cuma "tolong diperbaiki saja".

Sabrina Dewi mengatakan...

secara keseluruhan sudah bagus. tapi seperti komen2 di atas, penggunaan eyd nya masih kurang tepat. ada juga bahasa yang kurang efektif. tanda baca juga tolong diperhatikan.

isinya sebenarnya bagus. tapi mungkin ada hal-hal yang harusnya ada malah nggak ada, terus ada yang harusnya nggak ada malah ada. sebenarnya intinya sama, tapi di ulang-ulang lagi dengan kalimat berbeda. iya nggak sih? hehe

maaf kalo komennya nggak mutu.

well done kok. good luck :)

Muthia mengatakan...

kalo menurutku sih, judul usah menarik, tapi poin dari artikelnya itu menurutku ga klop sama judul yang udah cukup bagus itu.
terkesan 'wah, kok isinya kaya gini', gitu.
jadi, menurutku kamu lebih fokus ke bikin artikel dulu baru judul, kalo dari susunan kata, EYD, dll sih udah cukup lumayan bagus
itu menurutku lho, maaf kalo sok tau atau gimana ..

Merrysyalala mengatakan...

@Sherli Damara Pratiwi
Iya terimakasih sherli kritik dan sarannya, bener banget aku nyampeinnya terlalu berbelit-belit dan kesannya topiknya muter-muter aja terus disitu ga nemuin titik temu,akan segera aku perbaiki makasi ya :D

Merrysyalala mengatakan...

@Njex
Iya masalahnya saya bingung dengan peraturannya apakah yang digunakan bahasa baku atau bukan, tapi kalo memang bahasa yang sedikit santai dapat membantu pembaca untuk mengerti lebih jauh ke poin-poinnya saya akan coba memperbaikinya :D

Is it really annoying ? I think its really beautiful cause I love a thing that have so much colour haha *peace*

Merrysyalala mengatakan...

@Herna Rizkia A.
Iyah makasi dek kiki :*

Merrysyalala mengatakan...

@Salomo Galih
Iyaiyah maaf :D saya tidak jago dalam masalah EYD (-_-) nanti saya perbaiki lagi :)

Betul banget saya sebagai penulis juga meraskannya dimana anak muda lebih suka mendengarkan musik pop atau rock dibanding campursari atupun dangdut, mungkin hal ini juga di karenakan kita sudah men-cap musik tradisional tersebut kurang menarik, padahal hal tersebut dapat di siasati dengan cara mengkolaborasi musik tradisional dengan aliran musik lain sehingga lebih menarik, tapi intinya tergantung kita sendiri apakah kita memang ingin mengenal dan melestarikan budaya kita sendiri ataupun tidak

Makasi commentnya semoga bisa menjadi lebih baik :D

Merrysyalala mengatakan...

@Farid Aflah
Makasi :D
haha blogwalking is fun :D

Merrysyalala mengatakan...

@Tedi
Haha iya tedz terima kasih saya sendiri juga belum dapat melakukannya :) tapi masih mencoba memulai dari hal yang sederhana :D semoga kita dapat menjadi penerus bangsa yang lebih baik :D

Merrysyalala mengatakan...

@Pipit haaaa setujuuuuuuu aku mba pipit :* ayo kita majukan bangsa ini :D

Merrysyalala mengatakan...

@niken anggraeni
Siap :D

Merrysyalala mengatakan...

@Joeniar Andie
Pendapat yang sangat baik :D
maka itu saya disini tidak menuliskan hal yang muluk-muluk tapi hal yang sederhana, sehingga kita dapat melakukannya, dan di artikel tersebut juga telah saya tulis bahwa seharusnya kita harus memulainya dari diri sendiri bukan hanya omong doang lalu berpikiran skeptis dan tak berani melakukan tindakan, hal tersebut hanyalah menjadi pilihan bagi kita ingin menjadi golongan yang skeptis terhadap keadaan atau menjadi golongan yang optimis terhadap perubahan yang lebih baik

Terima kasih komennya :D

Merrysyalala mengatakan...

@Aga Fahlevy Dangdingdong
Terima kasih sarannya bener banget harusnya kita ga hanya mikir ke teknologinya, pendidikannya, moralnya tapi kita juga harus bisa memajukan lingkungannya :D Lets save our nation and our earth

Merrysyalala mengatakan...

@FIKRI
Ahaha iyah makasi kak Fikri saya emang belum pandai dalam menulis :) terutama memilih katakata semoga bisa menjadi lebih baik :D

Merrysyalala mengatakan...

@Alfon
Makasi alfon :)
iya sebenarnya saya masih bingung dengan bahasa yang seharusnya saya gunakan, apakah menggunakan bahasa baku atau tidak, dan hal tersebut malah menjadi kelemahan di artikel ini karena bahasanya yang tanggug

tapi akan segera saya perbaiki :D

Merrysyalala mengatakan...

@Nurul rifah
makasi makasi nurul :) semoga kita dapat menjadi penerus bangsa yang lebih baik :D amin

Merrysyalala mengatakan...

@rara
bener saya setuju sekali dengan pendapat anda :D semoga dengan segera kita dapat membuat Indonesia benar benar merdeka :)

Merrysyalala mengatakan...

@Denna ♕
Iya akan segera ditambahkan denna :) thankyouuuuuuuu :*

Merrysyalala mengatakan...

@Alfian Khusnul
Iya dek :) thankyouuu udah ngingetin
bakal segera diperbaiki :)

Merrysyalala mengatakan...

@Sabrina Dewi
makasi mbak sarannya :D
heeh banyak yang ga penting malah tag masukin, tapi yang penting malah ga ada di artikel haha
makasimakasi :D

Merrysyalala mengatakan...

@Muthia
haha iya :) soalnya kemaren aku kepepet karakter mut :D tapi ternyata lebih banyak lebih baik gitu, ya udah deh nanti aku perbaikilagi
makasi muthiaaaa :D

Levy mengatakan...

pertama aku mau bilang bagus banget
kedua: aku suka banget sama inti paragraph ketiga
aku mau nyinggung sedikti tentang judul nya. di paragraph yg kamu buat banyak berisi tentang kritik tapi aku nemu makna merdeka dari kamu sendiri lho.
menurut kamu makna merdeka apa ?
disamping itu kamu sebagai penulis harus memberi arti merdeka menurut kamu walau arti merdeka itu berbeda dari sudut pandang orang"

Unknown mengatakan...

mw cari laporan praktikum buat sma kls XI IPA, XII IPA silahkan kunjungi http://hapehatelo.blogspot.com/

follow my twitter @hapehatelo

Unknown mengatakan...

jangan lupa komen juga
http://hapehatelo.blogspot.com

Posting Komentar

Copyright 2009 Merry-land :). All rights reserved.
Sponsored by: Website Templates | Premium Wordpress Themes | consumer products. Distributed by: blogger template.
Bloggerized by Miss Dothy